aderida area

Proud To Be You Are

Working Holiday Visa 2018 Journey Part 3 (Wawancara Imigrasi)

Selasa 28 Agustus tak akan terlupa olehku jam 8 pagi pembukaan. Website ngedown dan susah banget buat apply, sekalinya bisa masuk ke form itupun dimeniti 10 menit maksimal. Susah banget sumpah aku yakin lebih dari 1000 calon whv apply. Setelah berkutat dengan pembukaan WHV via website di https://whv.imigrasi.go.id aku baru bisa apply jam 12an. Sempat putus asa lho aku sebelumnya. Tanggal wawancara bisa dipilih untuk whv tahun ini dan aku memilih 24 Oktober 2016. Buru-buru aku beli tiket kereta walau ekonomi.

23 Oktober aku berangkat dari jakarta dengan semangat mengebu2 tapi meredup ketika duduk di kereta ekonomi hahahaha….gila 10jaman duduk di kursi ekonomi kok menyakitkan ya? padahal dulu ga sakit. Dengan perbandingan liburanku ke jakarta awal bulan di sponsori mamas kali ini berkebalikan dengan metode misquin. Sampai pasar senen belum selesai perjuanganku naik busway 3 jam berjubel bagai dendeng. Gila jakarta itu keras ya? oh iya aku kaget sama metode pembayaran busway dijakarta sekarang pakai emoney ya? perasaan 6 tahun yang lalu pas aku ke jakarta tidak begitu, terus naik KRL juga harus pakai kartu juga katro saya.

24 Oktober 2018 ini bakalan jadi hari yang ga akan terlupakan, pagi2 jam 6 aku dah berangkat dari cengkareng naik KRL dilanjut naik gojek pas di stasiun sudirman. Sempet makan nasi uduk di jalan yang jualan naik motor makan dijalan segala pengalaman baru bagiku. Aku tiba di kantor imigrasi jam setengah 8 dan udah rame! Gedung imigrasi megah juga. Langsung datang isi absensi dan pak endar membuka acara wawancara dengan scan QR code di kertas halaman undangan dan jangan harap tanpa undangan bisa diwawancara kata pak Endar, jadi yang mau banding kudu banding sebelum hari wawancara. Sempat berdebar ku menanti karena kudengar ada beberapa yang wawancara dengan bahasa inggris walau realitanya saat aku dipanggil jam 11an wawancara berlangsung singkat cuma ditanya tau WHV dari mana, terus bank statmentku ilang karena apa, kuliahku ini ISI swasta apa negeri, sekalian cek dokumen asli seperti KTP, Paspor,skck dan ielts test. Ga sampai 5 menit doang aku disuruh kebagian edit dokumen karena alamatku dobel dan tanggal lahir salah. Jealous itu ketika temen2 SRPInya langsung turun sedangkan aku enggak baru turun 2 hari kemudian.

Setelah wawancara aku memutuskan makan siang dengan teman2 WHV, jujur anak2 WHV menurutku kece2 ga ada yang keliatan kampungan. Aku kenalan dari WHV yang di lampung,bali,jakarta,manado. Senengnya itu disini ketika kita berkumpul dan berkenalan satu dengan lain dan sharing info.

bersama teman2 whv

Aku sempet mampir VFS atau avac walau ga bisa lodge di Kuningan city ga jauh dari jl rasuna tempat imigrasi. Kaget itu disana rupanya juga melayani visa singapore ukraine canada australia UK ngiler banget aku moga2 suatu saat aku balik lagi ngurus visa lainnya. Jam 4 aku dengan lunglai meninggalkan VFS Global menuju blok M square tempat ibunya Eki kerja buat killing time karena jam 6 aku janjian ketemuan sama chesu mau ke monas. Nengok ibunya Eki banyak ngobrol setelah makan sore aku pamitan jam setengah 8 karena Chesu udah njemput. Dengan motor GLnya itu kita melewati HI dan beberapa daerah kapital di jakarta ku nikmati pemandangan kota besar ini dengan gedung pencakar langitnya yang kelap kelip.

25 Oktober 2018 akhirnya dengan perasaan yang masih ga karuan aku menuju pasar senen dengan busway dari cengkareng, merefresh page whv berharap srpiku turun jadi bisa ngejar pagi2 ke VFS Global walau nyatanya ga turun2 berasa di PHP. jam 11:20 kereta Bengawan berangkat, lunglai ku pulang ke jogja menempuh 10 jam perjalanan dengan kereta ekonomi lagi.

26 Oktober 2018 SRPIku terbit alhamdulillah walau too late karena aku dah di jogja tapi aku udah berfikir untuk metode kurir saja.

srpi

Saat ini aku memproses pengajuan visa di VFS global dengan metode kurir aku update lagi di part berikutnya.

See ya~! Australia one step closer!!