aderida area

Proud To Be You Are

Operasi Bedah Mulut Gigi Bungsu Dengan BPJS di RSUD Sleman

Voila, kali ini aku mau nulis pengalaman memakai BPJS saya untuk bedah mulut gigi bungsu saya yang tinggal 1 kudu dicabut ini. Berawal dari gak sengaja salah gigit pas makan di kondangan nikahan teman yang berdampak meradangnya gigi bungsu saya di sekitarnya jadi bengkak dan perih. Akhirnya setelah cukup lama menunda aku rasa ini sudah saatnya aku mencabut biang keladi gigi bungsu atau wisdom teeth dalam bahasa inggris ini.

Akupun beranjak ke faskes pertama dokter gigi yang dulu aku pilih yaitu Drg Kristiani di Pamungkas, sungguh pemandangan yang kontras dengan dokter faskes umum yang pasti ramai pasien kalau dokter gigi sepiiiii…

alatnya vintage

alatnya vintage

dari dokter gigi faskes pertama kita akan dikasih surat rujukan sebenarnya prosesnya sama dengan dokter umum bedanya cuma ini dokter gigi gitu aja kok, aku minta rujukan ke RSA UGM tapi ga di kabulkan sama beliau karena beliau belum pernah ngerujuk ke RSA UGM hiks langsung kebayang deh ramenya RSUD Sleman yang tenar itu kalau di RSA UGM karena masih RS baru jadi ga rame apalagi dah langganan disana dan pelayanannya juga memuaskan terpaksa sekali.

surat rujukan

surat rujukan

Siap-siap mental kalau udah ke RSUD itu…jangan lupa aku sampe hapal di luar kepala apa aja yang di butuhkan tiap ke RS.. yaitu FOTO COPY KTP, FOTO COPY SURAT RUJUKAN, FOTO COPY BPJS dan tentunya kartu bpjs aslinya RS manapun biasanya persyaratannya ini

Aku kecele berangkat kesiangan gara2 ga bisa bangun (alasan cukup klasik) jadi aku baru bisa antre jam 9.30 hasilnya adalah antrean mengular saudara saudara. Untung ke 2 HP saya penuh batrenya dan power bank jadi ga mati gaya jeleknya adalah di bagian pendaftaran ga ada signal 3…mampus dah jadi aku lebih menghabiskan waktuku di luar RSUD Sleman di bagian tangga atau depan demi mendapatkan sinyal. Perkiraan ku hari itu juga ga bakalan langsung di operasi yakin deh….betul saja setelah mengantre cukup lelah jam 12 akhirnya aku masuk di klinik bagian mulut dan gigi akhirnya. Rupanya hasil rotgenku 3 tahun yang lalu sudah ga bisa dipake lagi kudu rotgen ulang, sungguh lelah gw berarti di total aku udah rotgen 3x untuk gigi selama hidupku -_-. Sama dokter aku diberi resep antibiotik dan obat anti radang, cus langsung ke bagian radiologi.. seperti biasa prosedur adalah lepas anting,dan kacamata aku herannya kok kalungku ga disuruh lepas yah? apa masnya kelupaan dan sampe sekarang aku belum menemukan jawaban kenapa tiap rotgen kudu dilepas perhiasannya? ada yang bisa memberiku jawaban? Setelah di rotgen badanku langsung kena dampaknya,,,punggung,leher dan badanku ga enak agak mual juga, makanya rotgen itu ga boleh sering2 ada dampak buruknya setahu aku. Cus antre ke pharmacy antre lagi dan makin kedalam tempatnya sebel deh ga dapet signal lagi akhirnya aku tinggal resepnya dan memilih menunggu didepan RS sampe bosan. Begitu sudah aku rasa cukup lama menanti tinggal balik menanyakan sudah keluar belum obatnya tinggal ambil deh. Fix deh masuk jam 9.30 kelar jam 2 sungguh melelahkan.

hasil radiologi

hasil radiologi

Akhirnya hari jumat pun datang hari dimana saya akan dibedah (deng2). Lagi2 saya harus mempersiapkan syarat2 yang sudah saya tulis di atas, dan cus mengantre.

Pada saat akan pembedahan tak lupa di anestesi dulu cuma bentuk jarumnya ga seserem pas aku bedah mulut di rumah sakit mulut dan gigi di UGM dulu, ga kerasa linu parah dan dampak anestesinya juga ga separah dulu kalau dulu itu bisa sampe kebas setengah kepala ini cuma kebas dikit dibagian gusi yang di injeksi, bahkan aku masih feeling bisa merasakan, sampe pas udah di cabut aku mengeluh masih merasakan sakit dan minta di injeksi ulang sampe aku merasa cukup kebas. Kata dokter injeksi anestesinya memang dosis rendah dan langsung (owww). Terlihat dokter kesulitan mengangkat gigi bungsu grahamku katanya gigiku gede segede orangnya XD. Yang unik lagi adalah tidak di potong gusiku! dan tidak ada penjahitan seperti sebelumnya yang terjadi di operasi sebelumnya kata dokter beliau menghindari untuk pemotongan dan penjahitan, uh okay biar ntar penyembuhan secara alami.

Proses bedah mulut cukup sebentar dan akhirnya kelar, karena gigiku ga serius amat sih kasusnya so cepet kelar. Tak lupa dokter ngasih obat asam mefenamat sebagai obat anti nyeri dan antibiotik amoxicillin

Biar pendarahan cepet berhenti langsung ngemut es batu atau makan es cream πŸ™‚

Sekian tulisan dari ayu soal pengalaman dengan BPJS untuk info silahkan tanya ke twitter di @aderida

Advertisements

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: