aderida area

Proud To Be You Are

Teman Baru Bule

international-flag

voila sudah cukup lama aku off nulis dan kembali lagi dengan cerita pengalaman yang entah basi,ga asik atau apalah cuma sharing doang di banding dipedem dikepala 🙂

2 tahun ini aku memang sering banget kopdaran sama bule… bukan apa cuma resiko tinggal di kota wisata kayak semacam jogja emang besar banget kemungkinan akan disamperin bule. Baik melalui interpals,postcrossing,media sosial, ataupun tinder *uhuk.

Yang terakhir ini khususnya tinder punya image yang tidak cukup bagus :)) karena imagenya itu kalau ketemuan tinder pasti tujuannya buat *begituan padahal tidak selalu begitu, itu hanya sterotype aja! . Tapi aku karena emang orangnya suka ketemu orang baru, mengasah kemampuan bahasa inggrisku supaya lebih baik lagi jadi aku ga sungkan untuk kopdaran di tinder, kalau waktunya lagi senggang orang match yang mau ketemuan juga baik so why not?

Sejauh pengalaman ini sih lewat tinder saya sudah bertemu beberapa bule dari negara luar seperti iran,swedia,amerika,jerman,finlandia,belanda dan so on 🙂

Berdasar pengalaman sih rata-rata para bule menghabiskan minimal 3 hari 2 malam di jogja…dan paling lama semingguan. Para traveller bule yang pernah ke asia sebelumnya khususnya asia tenggara biasanya sih udah ga kaget lagi sama culture indonesia karena ga beda jauh lah~ cuma untuk yang baru pertama kalinya ke asia dan kebetulan ke indonesia jeng2 welcome to jungle, mereka biasanya akan ngalami culture shock, keingat banget sama si Edward dari amrik yang kaget pas mau aku boncengin motor…..dia bingung…. ‘”cara mbonceng gimana?” , dan mereka bahagia banget bisa mbonceng naik motor karena disana biasa naik mobil 🙂 walau jujur menurut aku kalau bule naik motor itu keliatan culun hahaha~. Para bule yang udah expert asia juga biasanya udah ga kaget nonton candi….jadi ga terlalu excited banget nonton candi dah biasa~

Tiap nemenin mereka jalan-jalan ga bisa di pungkiri mayoritas emang cowok *modus walau ga membuka kemungkinan ketemu bule cewek juga tapi kalau tiap nemenin bule cowok, kita selalu jadi pusat perhatian bahkan di jogja sekalipun yang banyak bulenya,,,,tatapan orang2 penuh arti…ada yang sinis,ada yang jealous,ada yang pangling,ada yang pandangan judge,ada juga pandangan tajam yang mengamati dengan jelas wajahku sampai ujung kaki….tatapan mereka memiliki sejuta arti, makanya kalau siang2 aku lebih suka pake sunglasses gelap biar tau siapa aja yang ngamatin aku. Yang menyadari orang-orang mengamati adalah si Evert dari belanda, dia nanya pas di angkringan mangkubumi pas kita lagi nongkrong “kok orang-orang ngeliatin kamu sih?” itu juga gara-gara kamu keless kalau u bukan bule aku ga akan jadi pusat perhatian. Aku jelasin deh sterotype wanita asia yang jalan sama foreginer specially white ppl baru deh dia ngerti (dia juga masih innocent baru pertama kalinya ke asia makanya kagak tahu soal begini).

Soal makan gimana? para bule biasanya sensitif banget sama makanan pedas…dikasih lombok dikit udah megap2 mereka. Ini tergantung perut juga ada beberapa bule yang makan makanan indonesia langsung sakit perut…sensitif banget susah deh kalau udah ketemu yang model beginian, kudu diajak makan ke tempat yang bener2 bersih ga bisa di kaki limaan. Soal minum karena default disini es teh dan es jeruk di jogja itu MANIS jadi make sure u nanyain ke si bule kalau mereka minum ini pake gula apa enggak? beberapa aku amati ga suka pake gula soalnya. Di jogja minum jahe itu biasa yah…kalau mau ngajakin mereka minum herbs/jamu/wedang ronde tanyain mereka sensitif ga sama jahe karena beberapa merasa sensasi kebakar jahe di tenggorokan mereka ga kuat. Dan para bule ga semua sih kebiasaan demen minum beernya ga bisa di ilangin so~ kalau dirimu peminum beer ga masalah ga ada salahnya ngajakin mereka  ngebeer kalau gw sih ga terlalu suka ke bar karena berisik sempit juga lebih suka aku ajak ke beer garden yang tempatnya lebih calm dan ga berisik.

Semejak sering ketemu bule tanpa aku sadari level bahasa inggrisku naik kelas haha terutama di listening dan speaking karena jujur dijaman sekolah bahasa inggrisku ga jelek2 amat sih cuma kalau listening sama speaking payah banget suka ga paham kalau speaking super gagap jiah~ cuma tetep aku kalau ngobrol sama native speaker langsung KO….mereka kalau ngomong cepet,pake kosakata ga umum juga kadang2 mampus deh gw (tapi tetep aku hadapi karena keinginan aku pengen fluent besar) tapi kalau ngobrol sama bule yang bahasa inggris mereka bukan native ga masalah sih sama2 ngerti dan dong.

Semenjak ketemu manusia2 bule ajaib itu juga membuat aku lebih tau banyak tentang culture negara mereka, soal sosial mereka, gimana mereka hidup disana, well ada bayangan gitu jadinya mata ga ketutup mulu. Nyeseknya itu tiap…misal si Joel dari swedia bilang gini “kalau kamu ke stockholm kabarin aku aja” atau si Edward bilang gini “kalau kamu ke United States kabarin aku aja” I WISH I WOULD LIKE TO GO THERE SO BADLY!! tapi cuma aku jawab dengan senyuman…..semoga saja saya bisa kesana suatu hari nanti (dalam hati mewek berat)

Pernah ada cerita lucu juga nih pas aku ngajak Joel ke Cangkringan, sama warga sekitar si Joel dikira suami gw :)) begitu aku jawab cuma temen eh si bapak sama ibu2 itu nyengir…jawabnya sapa tahu mbak semuanya kan dari “teman” makjleb deh~. Masih pas di cangkringan pas kita mau ndaki keatas ada pemuda sekitar nanya mbak bulenya dari mana? aku jawab dari swedia! langsung si pemuda tsb mengiyakan….pantesan mbak! gitu jawabnya, mungkin karena si Joel tampilannya emang sangar sih…tinggi gede,brengosan rambutnya panjang juga metal abis….yah swedia emang terkenal akan metalnya juga XD. Pas di borobudur juga orang ngeliatin si Joel dan bergumam “metal abis” LOL gw dengar itu!

Sekian dulu tulisan berantakan saya, kalau ada pertanyaan bisa email gw atau tanya ke medsos saya di twitter @aderida instagram @aderida93 see u next time, tetep sehat, tetep pede, tetep gilaa~

 

 

 

Advertisements

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: