aderida area

Proud To Be You Are

Pengalaman Kuliah Semester 2 D3 Batik Fashion Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Ola! aku memiliki janji untuk menulis pengalaman kuliahku di ISI karena memang jarang blogger nulis pengalaman kuliahnya terutama di D3 batik fashion ISI karena memang jurusan baru πŸ™‚

Pengalamanku ga bisa jadi patokan karena kurikulum tiap tahun akan berbeda tapi setidaknya bisa menjadi bayangan/pandangan kalau kuliah di d3 batik fashion itu apa, karena banyak banget Maba yang nanya ke aku melalui sosmed soal kuliah di ISI ini πŸ˜€

Semester 2 itu ada 24 sks dan 9 mata kuliah

Ornamen Batik 2 3 SKS, Teknik Pewarnaan Batik 1 3 SKS, Seni Batik Tradisional 2 4 SKS, Desain Fashion 1 2 SKS Teknik Pemolaan 1 3 SKS, Sejarah Seni Batik dan Fashion 2 SKS. Desain Elementar 2 2 SKS, Filsafat Pancasila 2 SKS, Kewarganegaraan 3 SKS

Di ISI sekarang tiap jam 3 sore kudu udah BUBAR, jadi ga ada cerita kita lembur, makanya kampusnya itu sepi selain 1 angkatan mahasiswanya itu cuma 900an kita jarang2 berlama2 di kampus untuk berkarya dateng ya buat teori aja, kerjaan karya dilanjutkan di rumah *itumenurutsaya

Semester ini mulai kerasa berat, tugas menumpuk belum karena saya sempat sakit 1 bulan karena tipus, kacau semua sistem, kerjaan numpuk tugas kuliah juga pasti. Mentalku benar2 di gembleng bertahan atau kalah, cuma karena aku adalah anak yang memiliki prinsip aku ga mau kuliahku mangkir kalau ga karena sakit aku ga akan mbolos waktu itu sangat worth keputusan kuliah adalah pure pilihanku dan aku harus tanggung jawab termasuk lulus dan menyelesaikannya tepat waktu *wisdom

Dan ingat kuliah di ISI emang murah untuk jurusanku cuma 1.9 juta UKTnya (biayanya untuk semesteran), tapi alat bahan material itu tetep dari uang sendiri kalau itung2anku bisa 3 sampai 5 kali lipat pengeluarannya, ga bisa diingkari kalau jadi anak seni emang kudu siap ngeluarin banyak uang dan waktu its true karena seni itu totalitas bukan bisnis jadi jangan kaget.

Disini akan aku tunjukkan beberapa karyaku meski ga lengkap setidaknya bisa buat pandangan lahh~

Tugas akhir semesteran Desain Elementer 2

Tugas akhir semesteran Desain Elementer 2

Tugas akhir semesteran Desain Elementer 2

Tugas akhir semesteran Desain Elementer 2

Tugas akhir semesteran Desain Elementer 2

Tugas akhir semesteran Desain Elementer 2

Desain Elementer 2

Desain Elementer 2

Selendang batik Seni Batik tradisional 2

Selendang batik Seni Batik tradisional 2

Selendang batik Seni Batik tradisional 2

Selendang batik Seni Batik tradisional 2

Selendang batik Seni Batik tradisional 2

Selendang batik Seni Batik tradisional 2

Selendang batik Seni Batik tradisional 2

Selendang batik Seni Batik tradisional 2

Selendang batik Seni Batik tradisional 2

Selendang batik Seni Batik tradisional 2

Fanel Teknik Pewarnaan Batik 1

Fanel Teknik Pewarnaan Batik 1

Fanel Teknik Pewarnaan Batik 1

Fanel Teknik Pewarnaan Batik 1

menggambar Dolly2 Desain Fashion 1

menggambar Dolly2 Desain Fashion 1

Jenis2 Collar Desain Fashion 1

Jenis2 Collar Desain Fashion 1

Jenis2 Collar Desain Fashion 1

Jenis2 Collar Desain Fashion 1

menggambar proporsi tubuh Desain Fashion 1

menggambar proporsi tubuh Desain Fashion 1

menggambar Neckline Desain Fashion 1

menggambar Neckline Desain Fashion 1

Step2 Mewarnai Batik

Step2 Mewarnai Batik

Sapu Tangan Batik Seni Batik Tradisional 2

Sapu Tangan Batik Seni Batik Tradisional 2

Ornamen Batik 2 media cat air

Ornamen Batik 2 media cat air

Ornamen Batik 2 media cat air

Ornamen Batik 2 media cat air

Ornamen Batik 2 media cat air

Ornamen Batik 2 media cat air

Ornamen Batik 2 Drawing Pen dan Cat air

Ornamen Batik 2 Drawing Pen dan Cat air

media cat air Ornamen Batik 2

media cat air Ornamen Batik 2

media cat air Ornamen Batik 2

media cat air Ornamen Batik 2

media cat air Ornamen Batik 2

media cat air Ornamen Batik 2

Ornamen Batik 2 Menggambar dengan drawing pen

Ornamen Batik 2 Menggambar dengan drawing pen

Ornamen Batik 2 Menggambar dengan drawing pen dan pensil

Ornamen Batik 2 Menggambar dengan drawing pen dan pensil

Ga semua karya bisa diupload πŸ˜€ saking banyaknya tugas sampe pusing kalau nginget2 lagi

Yang jelas ini belum ada apa2nya karena kata kakak angkatan semester 3 keatas udah mulai dapet tugas buat baju untuk fashion show gitu disini baru di gemblang basic2nya, tapi buat aku no problem karena aku emang senang banget sama fashion malah udah menantikan sekali mata kuliah fashion

ada banyak pertanyaan dari maba soal kuliah di d3 batik fashion kayak

: Biaya hidup berapa?

di jogja apa2 itu lebih murah di banding kota lain trust me anda bisa tanya2 langsung ke aku lewat sosmed @aderida ditwitter atau email natrium_sianida@yahoo.co.id kalau bisa jangan malas2 amat untuk browsing yah pengalaman kuliah di jogja gimana pasti banyak di mbah google

: Mahal ga kuliah di ISI?

So far tahun 2015 ini kalau D3 batik fashion itu UKTnya 1.9 juta dan ga akan naik sampai aku lulus itu kabar baiknya dan bikin aku suka dengan sistem UKT ga mbayar per sks lagi, di bandingkan kampus lain tentu ini MURAH, jurusan lain aku liat mentok2 mahalnya 2.5 juta persemester itu yang disubsidi pemerintah ya jangan tanya kalau yang jalur non reguler alias semuanya dibayar sendiri tanpa bantuan pemerintah. Perlu di garis bawah yang mahal itu adalah ALAT PENUNJANG,MATERIAL DLL nya itu ga ada habisnya diturutin kayak misal alat tulis,alat gambar,kertas,kain,cat air,kuas DLL misal kuas aja itu ada jam terbangnya kalau menurut aku 3 kali pake aja udah ga enak udahan minta ganti terutama yang ukuran 00 dan 11. Jadi so wrong kalau aku bisa bilang kuliah di ISI itu murah relatif ya kalau ngomongin alat2nya

: Aku mau sambil kerja kira2 bisa ga?

Salut untuk anda yang berfikir untuk kerja ga cuma kuliah doang, persiapkan mental,kesehatan,tenaga anda karena, BISA KOK terbukti aku aja bisa njalanin walaupun bener2 habis2an. Pagi sampe sore jam 3an kuliah terus jam 3 sore sampai 9 malam kerja, karena aku punya usaha sendiri ga punya problem sama waktu ngerjain tugas, sambil kerja aku tetap bisa nggambar tanpa ada yang melarang orang aku Bosnya πŸ˜€ cuma tetep ga mudah MULTITASKING itu ada plus dan minusnya. Tapi akan beda casenya kalau anda itu ikut kerja sama orang, seperti kasus temanku dia kerja ikut orang akhirnya garap tugasnya jam berapa kalau tahu? pulang kerja jam 9 malam dia masih ngerjain tugas sampai larut malam otomatis jarang tidur itu jelas. Ini masalah KEMAUAN.

Gimana tertarik untuk kuliah di ISI? welcome to jungle!

don’t be childlish, be wise and independent kalau udah kuliah πŸ˜€

Tugas nya lumayan banyak bisa ada bayangan ga tiap tugas itu ga kelar digarap cuma 1 jam,,,NO lama proses seseorang untuk membuat karya itu relatif cuma kalau saya itu bisa 3 jaman minimal lebih lama bisa sih cuma konsentrasi udah ambyar dan hasilnya ga akan maksimal dan ada beberapa tugas yang ga bisa sehari jadi kayak mbatik misalnya belom designnya,ngeblatnya,nyantingnya,mewarnanya bisa berminggu2 selesainya. Mabok2nya tugas itu pas udah 2 bulan sebelum semeteran akhir bener2 mabok tugas tiap hari datang, ibarat begini tugas kelar 1 tapi TUMBUHNYA SERIBU wkwkwk.

Oke deh sampai disini dulu aja tulisanku semoga bermanfaat walau isinya kebanyakan curhat wkwkwk

XOXO

Aderida

 

Advertisements

Single Post Navigation

23 thoughts on “Pengalaman Kuliah Semester 2 D3 Batik Fashion Institut Seni Indonesia Yogyakarta

  1. keren kak atas usahanya dari masuk k ISI yogya-hasil karya2nya..sya salut.. aq pgen bget masuk ISI yoaya tp blm pnya tekat besar πŸ˜€

  2. Buku yang di pakai di ISI apa ya mbak?, Tq

  3. Khususnya di seni Batik dan Fashion. Tq

    • jurusan apa dulu? karena aku kriya batik fashion aku butuh banyak banget sumber referensi batik dan fashion di perpustakaan ISI lumayan lengkap walau kebanyakan di ruang referensi ga bisa di pinjam kalau pas kepengen bisa cari di toko buku atau di sopping. kalau buku fashion referensinya lebih banyak aku kemarin sih kebetulan belinya buku pose dan buku pemolaan, kalau batik aku fotocopy buku pola ragam hias dan motif batik yang aku dapet dari teman2 batik. Ga ada aturan pakem untuk punya buku kok kalau butuh cuma sekali bisa pinjam teman2 atau perpus cuma adakalanya lebih baik beli juga πŸ™‚ biar ga lupa2

  4. Kakak lulusan SMA apa SMK? Kalau misalnya SMK banyak yg mirip nggak sih materinya? Rencana mau masuk isi sih, tapi masih kelas 2 hehehe :p

  5. asa nadia on said:

    Kak seleksi di isi melalui wawancara dan testnya susah gak?

  6. Nur Aviva on said:

    Kak aderida, dulu kalo pas kkak tes, tesnya dkasih wktu brapa jam ya buat nggmbar batik? soalnya aku suka lama klo nggambar..hhe

  7. itu seterusnya sampe lulus ya segitu UKTnya ga nambah

  8. kak aku mau nanya,kakak menggambar fashion dolly,dsb itu browsing di internet atau atas ide sendiri.Kalau mau masuk jurusan ini boleh ngga kita cari contoh di internet trus niruin nyaa

  9. kezia on said:

    Kaa mau tanya dong..disana ada menjahitnya juga ngga?? Oiaaa nti tuh gelarnya apa kalo udh lulus? Bls ke email ya ka. Thxxx

  10. Kak, mau tanya,, berarti kalo mau masuk jurusan ini hrs udah bisa jahit ato ngga?? Makasih kak..

  11. Gmbar batik yang terakhir itu motif khas daerah mana?. Mohon dijwb

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: