aderida area

Proud To Be You Are

Pengalaman behel diahli gigi….Think again your risk

Hola aku mau nulis pengalaman aku saat pakai behel di ahli gigi. Bukan bermaksud menakut-nakuti tapi tiap pilihan selalu memiliki resiko jangan sampai kalian ga tahu apa resikonya pasang behel di ahli gigi. Karena jarang blogger yang nulis pengalamannya untuk mengakui dirinya pasang behel gigi di ahli gigi sinih aku jabarkan pengalamanku, semoga bisa jadi edukasi pelajaran yang bisa diambil sebelum mengambil keputusan untuk pasang behel di ahli gigi atau di dokter yang pengalaman di bidangnya.

Tahun 2011 aku memutuskan untuk pasang behel di ahli gigi karena jaman segitu ga punya budget tinggi untuk pasang diahli gigi, apalagi kerjaan jualan di Military Corner belum mapan jadi kasir disalah 1 toko retail besar juga ga mencukupi untuk pasang behel di ortho. Saat itu aku pakai pun bukan karena buat gaya tapi memang untuk memperbaiki gigiku yang agak maju dibagian gigi serie paling depan….aku cukup minder dengan bentuk mulutku dan membuat aku susah tersenyum, dengan susunan gigi yang dulu memang membuat senyumku aneh.

Akhirnya aku putuskan pasang disalah 1 tempat ahli yang lebih baik ga aku sebutkan namanya kisaran 1.5 juta atas bawah,,,cukup kontras harganya kalau pasang di dokter gigi/ortho. Dan hasilnya begini

305466_302701029755132_1080788929_n

Haripun berlanjut, gigiku bahkan yang depan itu dikikir karena panjangnya ga sama dengan sampingnya, bawahnya juga dikikir dan aku mulai merasa menyesal dengan keputusan kikir itu karena gigiku jadi gampang ngilu dan berbentuk tidak alamiah

Karena bagian bawah super ngilu sering lepas braketnya aku putuskan untuk melepas braket nya tinggal menyisakan braket bagian atas.

Permasalahan masih berlanjut tiap mau scaling gigi aku menemui kesulitan, kalau ke ortho/dokter gigi takut mereka ga mau menangani gigiku karena pasang diahli gigi. Akhirnya aku putuskan cuma scaling gigi bawahnya tiap 6 bulan sekali di dokter gigi puskesmas mereka tetep mau nerima scaling walaupun cuma luar2nya doang, tetap dalam braket terpasang otomatis tetap tidak maksimal.

so far hasilnya sih udah oke di tahun ke 4 “keliatan rapih”

11709704_10200796706597241_3958404346909457067_n

Waktu berlalu ga kerasa udah tahun 2015, aku mulai mikirkan afternya, gimana kalau dilepas behelku dan gigiku kembali seperti semula? aku harus gimana? kalau open bite gimana??? aku sadar betul akan resikonya sekarang

Berhubung om saya sudah lulus drg akhirnya aku putuskan untuk konsultasi dengan yang bersangkutan

Aku diedukasi cukup jelas, resiko behel yang aku pilih dulu. Tahu ga resikonya apa? giginya bisa mati jaringannya kalau tidak di tangani yang berkompeten yang dikhawatirkan adalah mati gigi kamu, bisa menghitam. Aku mulai ketakutan dan memutuskan minta dirawat sama omku yang dokter gigi karena aku percaya sama omku dia lulusan UGM orangnya tlaten (kalau mau dirawat sama beliau aku kasih kontaknya) di pict bawah *khusus wilayah jogja aja

11231142_10200669946228311_1690439667472565710_n

 

tempat praktek Drg Lasta

tempat praktek Drg Lasta

 

Akhirnya diawal braketku di cek ukurannya, rupanya ukuran kanan sama kiri aja lain kiri 3 kanan 4 pantesan gigiku langsung ga seimbang bahkan kalau ga bener ukurannya bisa melintir giginya. Gara2 ukuran braketnya itu ga bener gigiku yang sebelah kanan sampai naik masuk ke gusi. Terus gusinya otomatis turun kebawah. Lalu diputuskan dilepas aja braketnya karena udah ga bener ini gigiku. Khawatirnya adalah gara2 gusiku turun kalau besok mau perawatan pasang behel lagi kudu DI POTONG, sungguh mengerikan cuma harus siap aku hadapi karena ini resikoku yang aku ambil dulu.

Belum selesai akibatnya, gigiku yang depan niatnya mau dibenerin bener2 kelihatan menghitam setelah braketnya dilepas ketauan…..warnanya belang ga sama dengan giginya yang lain, aku mulai khawatir walau kata omku belum tentu giginya mati 😦 semoga aja setelah dilepas dan diistirahatkan giginya bisa normal lagi jaringan2nya sukur2 masih bisa dibenerin. Gigiku terlihat sudah rapih tapi pas di cek gusinya tulang gigiku keliatan maksa, ga rapih dan dempet2an. Dan pas di scaling pas dilepas behelnya gila karang giginya banyak banget terutama digigi geraham belakangnya, menghitam2 semua dan dirontokin sama omku dibersihin, pokoknya ada gusi menonjol di buka langsung discaling, seumur2 aku discaling baru kali ini benar2 terasa ngilu dan sakit karena saking banyaknya 😦

setelah dilepas behelnya

setelah dilepas behelnya

Ini gambaran kasusku setelah pasang diahli gigi, tiap orang masalahnya bisa lain, intinya masih mending kalau bisa dibenerin kalau ga bisa? sampe item semua giginya?

Niat tampil cantik dan keren dengan pasang behel di ahli gigi itu ibarat gini kamu pergi ke dukun ending2nya larinya ke dokter juga

Be wise mending ngeluarin duit banyak diawal tapi hasil bener dibanding bayar murah diawal ngeluarin duit banyak diakhir

Single Post Navigation

8 thoughts on “Pengalaman behel diahli gigi….Think again your risk

  1. Gigi yang dikikir baik2 aja nggak mbak sekarang?

  2. sis, gigi yg menghitam itu di bagian mana nya gigi ya? pas di bagian yg di pasang kawat atau bagian gigi di bawah garis kawat atau gimana?

  3. mba abis lepas bechel apa gigi mba kmbali sperti awal lg.trus scaling itu apa

  4. Infonya sangat membantu..krn sempet terfikir mau pasang behel di temen yg ahli gigi..lihat testi2nya jd kepincut..
    Tp krn tkt dan ragu jad googling..eh nemu deh blog ini..

Leave a Reply

