aderida area

Proud To Be You Are

My Study Experience On ISI Yogyakarta Batik Fashion

Hallo akhirnya aku bisa kembali menulis 😉 disela kesibukanku kuliah + kerja ini aku mau cerita soal pengalamanku menjadi mahasiswi ISI yogyakarta hi2

kampus sewon! yup tentu ISI :D

kampus sewon! yup tentu ISI 😀

Rasa senang tentu berkecamuk didada tiap masuk kampus ISI yup ga pernah aku membayangkan akhirnya aku bisa mengenyam pendidikan lagi setelah 3 tahun lulus SMK .

Kuliah di mana? di ISI jawabku dan apa respon orang2?? ada yang meremehkan,,,ada yang bereaksi “kamu mau jadi apa sekolah di ISI? ntar kamu jadi orang ga bener!” celetuk orang2 di sekitarku

Ya melawan sterotype masyarakat itu susah apalagi di bidang seni…bayangan masyarakat orang seni itu wakwakan,ga urus diri,ga tahu adat dan sopan santun….. ya memang ada beberapa mahasiswa yang begitu di ISI tapi bukan berarti semua mahasiswanya begitu -_- sebenarnya tergantung orangnya sendiri…mau sekolah bener atau mau jadi wakwakan ga bener?

Tapi aku memiliki pilihanku sendiri di ISI kenapa? karena aku suka seni…dulu saat aku masih SD kelas 3 pernah bermimpi menjadi seorang designer…aku suka lingkungan seni,,,,ga kebayang kan disekitar kamu itu orang seni? ada yang jurusan design interior,pedalangan,seni murni,fotography,musik,dll dan mencampur semuanya dalam 1 universitas. Seni itu tak mengikat,tak pernah salah itulah menurut saya jadi saya bebas berekspresi,,,tanpa di kekang seperti kuliah akademik kayak ekonomi atau apalah itu, sungguh aku tak pernah bermimpi untuk kuliah ekonomi seperti yang nenek ku mau, Ini adalah pilihanku toh aku kuliah juga mbayar sendiri cari duitnya sendiri jadi ga ada 1 keluargaku yang berani menentang pilihanku kuliah di ISI (karena keluarga besarku kebanyakan kuliah di bidang akademik kayak ekonomi hukum kimia dll) cuma saya yang nyeleneh kuliah di ISI beraliran seni ngimpi di siang bolong mungkin entah nurun dari siapa kok cuma aku yang suka seni dari silsilah keluarga besarku.

Walau sering di remehkan sama orang2 tapi aku tetap bangga bisa kuliah di ISI,,,,aku kini bukan orang lulusan SMA yang di pandang sebelah mata,aku punya status baru sebagai mahasiswi dan aku belajar tiap hari…..dan yang penting aku senang belajar itu 😉

Oke aku masuk di Fakultas Seni rupa jurusan D3 batik Fashion, kenapa D3? karena aku lebih suka praktek aku merasa belum klop dengan sistem S1 tapi who knows ya kalau saya besok berubah begitu selesai D3 mau transfer ke S1.

Oh iya di ISI rupanya mahasiswanya boleh pake kaos ga kudu pake kemeja atau kaos berkerah (polo) asik juga kan? ;P

Jurusan D3 Batik Fashion ini rupanya baru berjalan selama 2 tahun di ISI jadi ini adalah prodi baru makanya suka sedih juga seakan D3 batik fashion ini terlupakan karena belum ada di plang tembok fakultas seni rupa ha2

fsr-225x300

 

Semester 1 ini aku belajar : Desain Elementer1, Sejarah Seni Rupa, Aplikasi Komputer, Ilmu bahan, Ornamen batik 1,Agama Islam,Seni Batik Tradisional 1, dan Gambar bentuk

Desain Elementer 1 itu kita belajar pakai cat air dan kuas lancip,,,nggambar garis2 berwarna warni gitu cuma ga boleh membentuk gambar tertentu pokoknya cuma garis dan garis , yang aku tangkap dari mata kuliah ini ya kita belajar komposisi warna dan terbiasa memakai kanvas tapi berguna banget 😉 walau emang melelahkan sih hi2

Sejarah Seni Rupa: U know lah dari judulnya udah jelas banget kali ;P

Aplikasi Komputer: Disini aku belajar mengaplikasi kan komputer untuk bikin motif batik,dan perhiasan

karyaku di aplikasi komputer batik motif lereng

karyaku di aplikasi komputer batik motif lereng

Ilmu bahan: yang di ajarin tentu bahan alias kain

Ornamen Batik 1: belajar gambar batik

 

motif batik ceplok karya ku di seni ornamen batik 1

motif batik ceplok karya ku di seni ornamen batik 1

Agama: udah jelas banget

Seni Batik Tradisional: disini hampir sama kayak ornamen batik bedanya kita belajar memola dan mencanting tentunya cuma masih baru batik klasik yang di ajarin

 

motif kawung karya di seni batik tradisional

motif kawung karya di seni batik tradisional

Gambar Bentuk: belajar menyeketsa dan nggambar bentuk2 bidang

seperti program D3 lainnya batik fashion lebih banyak tugas praktek tiap hari bisa nggambar minimal selama 6 jam untuk satu karya sampe kapalan telunjuknya

yang penting sih aku happy dan bangga banget bisa belajar batik fashion cos its my passion 😉

okay kalau ada waktu lagi aku coba sharing soal pelajaran batik yang aku dapat yah 🙂 aku pengen banget bisa nulis tentang batik lebih detail karena sumber yang ada di internet kurang banget semoga bisa membantu mengedukasi masyarakat juga

ingat batik itu sesungguhnya dari lilin yang di canting dan di beri warna kemudian bukan kain bermotif batik yang di pasaran yang tidak melalui step pencantingan/cap dengan lilin, masyarakat kita sering salah kaprah….batik itu ya batik tulis atau batik cap2an yang melibatkan lilin 😉

Single Post Navigation

14 thoughts on “My Study Experience On ISI Yogyakarta Batik Fashion

  1. shella on said:

    Hai aku lagi survey kampus untuk jurusan fashion nih tapi aku bingung di isi jurusan batik dan fashionnya itu akreditasinya apa ya? Terinakasih perhatiannya

    • hi shella jurusan D3 batik dan fashion di ISI jogja itu jurusan baru dan proses pengakreditasiannya baru dilakukan beberapa bulan kemarin dan belum muncul resultnya

      • Hai kk,aku fia.kak aderida itu juruasan D-3 fashion batik,lebih belajar ke penerapan design untuk batiknya sendiri atau kaya fashion design gitu?.Terimakasii kk sebelumnya😊

      • lebih ke penerapan batiknya menurut aku 80% batik 20% fashion

  2. Hai kk,aku fia.kk kalau jurusan D-3 fashion batik ini lebih belajar ke penerapan batiknya,atau kaya fashion design gitu.
    Terimakasiih kk sebelumnya😊

  3. mella on said:

    hallo kak, mau tanya, prodi ini daya tampungnya brpa ya?

    • tergantung karena tiap tahun beda waktu aku dulu cuma 20 anak tahun kemarin udah nambah jadi 25 anak silahkan cek sendiri di kampus ya untuk infonya

  4. Pingback: Kepada calon Maba ISI D3 Batik Fashion | aderida area

  5. Maria milenata on said:

    Hi ka!! Aku milenata, aku sklh di SMK Santa Maria jurusan busana di Jakarta. Dari riview yg Kaka tulis di atas sangat membantu banget buat jadi pertimbangan ku pilih kuliah. Aku pengen tanya” lagi nih ka tentang proses belajar di ISI Yogyakarta, mohon bantuannya ya ka…. And btw makasih sekali lg utk riview nya ttg ISI.

Leave a Reply

