aderida area

Proud To Be You Are

Pengalaman Mendaftar Di Institut Seni Indonesia Yogyakarta (ISI)

Begini saya jabarkan saat ini aku emang udah berumur 21 tahun dan BARU MENDAFTAR KULIAH

itupun aku daftar D3 bukan S1

Saya lulus di SMK Negeri 2 Yogyakarta tahun 2011 dan 3 tahun setelah itu saya sibuk kerja

semacam berdagang membesarkan karier usaha saya sendiri

Military Corner itu udah berdiri sejak tahun 2010 saat aku kelas 2 SMK itupun masih usaha sampingan

Lulus sekolah aku kerja di cafe 3 bulanan terus kerja di alfamart 6 bulan terus akhirnya fokus ngurusin military corner saja.

Jadi yang buat menyangka saya itu malah mau kuliah S2 anda salah besar

anda mengira saya sudah lulus kuliah anda juga salah

tampang saya emang boros tapi trust me saya itu masih 21 tahun yang bertampang dewasa dan banyak pengalaman hidupnya *cieehhh

Oke tahun ini aku putuskan melanjutkan study saya yang tertambat pada ISI Yogyakarta jurusan batik fashion

Kenapa?

karena saya itu lebih suka berada di lingkungan seni di banding akademik seperti universitas unggulan lainnya di jogja

saya tahu diri saya ga ada bakat jadi akademisi saya bukan pemikir apalagi ngerasain ujian masuk universitas lain ga gampang soal2nya

vaccum sekolah 3 tahun tentu ga akan mudah bagi aku untuk mengulang dan mengingat terutama bidang studi matematika,fisika dan kimia No No No No

di ISI test masuknya praktek dan wawancara saja

biaya kuliahnya pun saya cek di blog ISI http://isiyogyakarta.wordpress.com/

tidak mahal sekali ya setidaknya saya masih mampu lah kalau membiayai kuliah sendiri

D3 pun cocok untuk saya yang tidak mengejar gelar tinggi2 cuma pengen nambah ilmu

saya bertekat kuliah karena mau belajar bukan ngejar ijazah atau buat kerja karena aku sendiri udah punya kerja

dengan modal nekat aku browsing sana sini untuk mengetahui tata cara pendaftaran di ISI

website penerimaan mahasiswa baru ISI disini http://pmb.isi.ac.id/index.php?mod=login_nonauth&sub=login&act=view&typ=html

aku baca baik2 panduan pendaftaran ISI bahkan aku print juga

10295264_4200348144225_4773302511279062654_ointinya harus benar2 aku pahami syarat2 pendaftarannya

langkah pertama begitu tahu syarat2nya aku langsung cari surat keterangan dokter aku itu sehat,tidak buta warna dan bebas NAPZA

aku cek ke laborat soal bebas NAPZA di RS Sartjito dan dokter psikiaternya yang akan menyatakan aku itu bebas narkoba atau tidak setelah test urin

biaya NAPZA ini yang lumayan mahal saat itu kurang lebih kocek 250 ribuan habis buat ini padahal bikinnya di RS Sartjito loh bukan di swasta ini kan rs nya pemerintah habis mahal

udah gitu membutuhkan waktu lama juga mondar mandir rumah sakit saat itu aku salah kostum pake wedges sampe lecet kakiku muterin rumah sakit

begitu syarat2 penting dari dokter sudah selesai aku lengkapi surat pernyataan orang tua dan wali perihal pendapatan berapa? kira2 sanggup bayar ga

itupun pake materai intinya sih ISI ga mau lah dapet mahasiswa yang ga sanggup bayar kuliah

lalu dokumen seperti fotocopy ijazah dan SKHUN di legalisir jangan lupa sama foto copy KK dan KTP kalau ga salah

foto diri juga yang berwarna pake baju resmi ya seperti kemeja

aku ga akan menjabarkan detail persyaratan nya karena  panjang dan melelahkan lagian di website PMB ISI udah ada dan JELAS BANGET

pendaftaran via online kita akan dapet softcopy kartu pendaftaran yang di print lalu di kumpulkan beserta persyaratan lain yang tertera pada Informasi Panduan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB)

Ini adalah hal esensial kita harus ke kampus buat ngumpulin sendiri di kantor rektorat atau kirim via POS

kalau aku sih mending langsung ke ISI karena lebih jelas

begitu disana mereka akan mengecek dokumen2 kita kalau kurang suruh balik lagi cari

hal ini emang melelahkan aku sendiri kudu bolak balik buat ngurusin pendaftaran sampe akhirnya berkasku di anggap lengkap dan bisa ikut ujian praktek yang di tentukan *fiuh

 

Sebelum ujian praktek

aku harus mempersiapkan keterampilan menggambar dan pengetahuan soal batik

aku yang jarang membaca dan menggambar akhirnya mulai melatih diri

ke perpustakaan kota buat cari referensi buku batik dan fashion

tiap hari minggu baca koran KR ada artikel gaya hidup disitu bahas tentang fashion juga

10170825_4122722443631_453898548_n10534609_4515063531913_8404784817313100425_n10373947_4259618945958_1835226210274601919_n

oke saya cut cerita selanjutnya ada di postingan yang ini https://aderida.wordpress.com/2014/06/19/ketika-ke-2-impian-terjawab-di-waktu-yang-sama/

Sepulang aku dari brazil aku putuskan untuk langsung daftar online di ISI

betapa kagetnya aku ga bisa daftar saat input tertera pop up

“data tersebut sudah menjadi mahasiswa”

lah emang bener aku jadi mahasiswa tapi aku kan ga registrasi ulang karena di brazil otomatis aku gugur

akhirnya besoknya aku datang ke ISI menanyakan perihal aku ga bisa daftar gelombang 2

ke lantai 2 bagian gedung rektorat aku ngobrol sana sini

akhirnya aku disuruh masuk ke ruangan menemui orang yang terlihat intelek

beliau menanyakan “kamu serius mau kuliah diISI?”

“iya pak” ujarku mantap

“ini sebenarnya kesalahan mbaknya bla2”

sebenarnya sih bukan kesalahanku orang aku udah mencoba datang kemarin2 cuma ada orang yang bilang ga bisa yowis aku pun diam karena ga mau banyak masalah kalau aku ngeyel

akhirnya aku di beri memoradum isinya sih pernyataan beliau dari isi meminta pihak BNI menerima pembayaran UKT ku

asikkk!! tandanya aku keterima  di ISI tetepan

aku langsung cuss ke bank BNI untuk bayar UKTku

untung sebelumnya aku udah mencairkan uang dollarku yang aku dapat dari uang saku jalan2 ke brazil itu alhamdulillah

nunggu lama akhirnya aku di panggil setelah proses eh rupanya di reject aku ga bisa bayar akupun telpon ibu2 yang berpesan kalau pembayaranku di reject

pihak teller ngasih aku saran untuk melakukan pembayaran langsung ke rekening ISI saja

akhirnya deal oke pembayaran lewat rekening ISI alhamdulillah

rejekiku di bukakan jalan ga akan ke mana2 kalau aku emang di takdirkan ke ISI setelag berusaha

setelah selesai aku balik ke kampus dan ngurus kesana kemari

menemui orang di perpus,ke bagian kejuruan,kesini kesitu kesana lagi pokoknya mondar mandir

ya ini kesalahanku karena ga bisa datang saat daftar ulang yang sesungguhnya akhibatnya aku harus beredar sendiri untuk ngurus daftar ulang

2 harian aku ngurus akhirnya selesai! dengan di foto untuk pembuatan kartu mahasiswa isi

aku pake almameter ISI warna abu2 itu yang terlihat seperti anak SMA wkwkwk

untuk pembuatan asuransi aku ngikut registrasi gelombang ke 2 aja di bulan agustus

okee lega hatiku pokoknya tinggal kuliah perdana di bulan september

senangnyaa akhirnya aku jadi mahasiswi 🙂

Single Post Navigation

25 thoughts on “Pengalaman Mendaftar Di Institut Seni Indonesia Yogyakarta (ISI)

  1. Mba mau mnta alamat emailnya dong. Saya ada rencana mau masuk batik fashion jg…

  2. rosi on said:

    Mbak,saya dah daftar online tp no tesny kok gak muncul knp y?itu ngurusnya dmn y mbak?makasih..

  3. test wawancaranya meliputi apaya???

  4. Elfa on said:

    wah tau gitu saya ngeyel kayak mbak wkwkwk..

  5. kak, ijazah ama SKHUN yg dilegalisir aslinya doang apa sama fotocopyannya jg??
    *soalnya sekolahku jauh kalo harus fotocopyannya jg yg dilegalisir.

  6. total biaya awal masuk kuliah berapa kak? Mohon infonya

  7. Pingback: Kepada calon Maba ISI D3 Batik Fashion | aderida area

  8. Amelya Sekar on said:

    Hallo kak.seneng bgt baca artikel ini,makin memotivasi aku buat daftar di ISI prodi batik dan fashion.aku mau tanya,waktu ujian praktiknya itu menggambarnya ditentukan atau bebas kak?

  9. Aan Muhammad on said:

    kak mau nanya nih gimana yah, kan sya lulus SMA tahun 2017, nah sdngkan di form pendaftran online itu harus wajib di isi nomor ijazah dan sebagainya yg berkaitan dengan ijazah. dan itupun ijazah ga secepat itu keluarnya.

    • coba call langsung kampus aja karena setahu aku ada surat keterangan dari sekolah gitu atau coba tanya pihak sekolahmu bisa ga bikin keterangan bahwa kamu udah lulus

  10. Like it. Semoga tahun depa Tuhan memberkati aku biar bisa masuk. Amin ☺

  11. Mbak aku kok gagal fokus di kata2 “dapet dari uang saku jalan jalan di brazil” boleh dijelasin lebih detaul ga mbak? Sepertinya menarik

Leave a Reply

