aderida area

Proud To Be You Are

Kaca Mata Baru Pakai BPJS

pengalaman gejala mata minus ada di postingan ini https://aderida.wordpress.com/2014/07/08/tuhan-tanganku-bergetar/

setelah bolak balik ke dokter dan aku tak kunjung sembuh dari vertigo akhirnya sang dokter mendiagnosa mataku bermasalah

akupun di beri surat rujuk ke Rumah sakit sleman atau condong catur aku pun milih di condong catur saja karena lebih dekat

sampai RS condong catur nanya2 dokter mata itu adanya jam 5 sore besoknya oke deh aku pun janjian sama yang jaga di bagian pendaftaran dengan meninggalkan nomer hpku

saat hari H aku di tlp dan aku bergegas ke bagian pendaftaran untuk daftar terus nunggu lamaaa banget yang antre

saat di panggil aku di cek mata

di kasih semacam kaca mata berlapis2 ngerasa lebih enakan gitu besa jernih di mata setelah sebelumnya ngerasa buram dan pusing

selesai priksa aku dapet surat ini

10519196_4449188765085_3804767994344897495_ointinya mataku itu minus seperempat dan setengah

lalu baca info2 kalau BPJS itu bisa ngasih potongan harga kacamata sebesar 200.000 untuk kelas 2 (karena aku kelas 2)

dengan ketentuan begini

 

  1. Bantuan Pengadaan Kacamata

 

  1. Penerima manfaat terbatas hanya Tenaga Kerja (TK)
  2. Syarat untuk mendapatkan bantuan kacamata; memiliki kelainan refraksi yang ditunjukkan dengan resep dokter spesialis mata/dokter yang berwenang mengeluarkan resep kacamata
  3. Jenis manfaat:
  • Penggantian  kacamata maksimum sebesar Rp.200.000,-
  • Penggantian lensa maksimum 1 kali dalam 2 (dua) tahun sebesar     Rp. 80.000,-
  • Penggantian bingkai  maksimum 1 kali dalam 3 (tiga) tahun  sebesar Rp. 120.000,-

Kacamata. Kacamata diberikan kepada peserta BPJS Kesehatan dengan gangguan penglihatan sesuai dengan indikasi medis. Peresepan kacamata merupakan bagian dari pemeriksaan dan penanganan yang diberikan pada fasilitas kesehatan rujukan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Penjaminan kacamata ini diberikan atas rekomendasi dari dokter spesialis mata dan dibuktikan dengan hasil pemeriksaan mata. Ukuran kacamata yang dijamin oleh BPJS Kesehatan adalah minimal 0.5 Dioptri untuk lensa spheris dan 0.25 Dioptri untuk lensa silindris. Kacamata dapat diberikan maksimal 1 kali dalam 2 (dua) tahun.

sumber dari http://kesehatan.kompasiana.com/medis/2014/05/02/butuh-kacamata-tenang-biayanya-ditanggung-bpjs-kesehatan-650753.html dan http://www.jamsostek.co.id/info/subcontent.php?id=16&subid=24

akhirnya persyaratan seperti surat hasil dokter mata+fotocopy BPJS+fotocopy KTP aku bawa ke kantor BPJS yang di jl gedong kuning yogyakarta untuk di legalisasi

kita harus masuk ke bagian informasi lucunya saat di kantor BPJS

selesai dari kantor BPJS aku langsung bergegas ke OPTIK PRANOTO yang di jl senturan karena aku lihat mereka kerja sama dengan BPJS

sampe disana akhirnya aku naksir kacamata frame merah dengan harga  350.000 jadi cuma tinggal nambahin 150.000 asikkk

DSC_9598

kini rasa pusing,mata blur dan vertigo hilang setelah pake kaca mata!

asem rupanya setelah kemarin2 takut banget kepalaku gegar atau apalah rupanya biang keladinya di mata gw -_-

Single Post Navigation

26 thoughts on “Kaca Mata Baru Pakai BPJS

  1. untuk optiknya kudu yang kerjasama dengan bpjs ?

  2. Makasih infonya, sepertinya itu juga yg saya alami, hmmm berarti di mata masalahnya

  3. Assalamualaikum…
    Mbak, apakah fotokopy harus di legalisir? Berarti harus ke kantor BPJS dulu donk.
    Apakah rutenya seperti ini ; Klinik (sesuai kartu)>Rumah Sakit>Kantor BPJS(Minta Legalisir)>Toko Optik.
    Saya tenaga kerja, di kartu saya memilih sebuah Klinik terpercaya, bukan Rumah Sakit. Saya ikut di kelas 2.

    • iya betul harus di legalisir di kantor BPJS
      yup rutenya sudah benar harus ke faskes pertama dulu lalu minta rujukan ke rumah sakit lalu dari rs ke kantor bpjs untuk legalisir baru ke optik yang bekerja sama dengan bpjs
      sama saya juga ikut kelas 2

  4. siskarina on said:

    Mba aku mau tanya .. aku daftar bpjs di kota A trus aku ingin menggunakan Krtu bpjs di kota B . Apa bisa ? Thx

  5. Halo mbak, saya juga mengalami hal yang sama, akhirnya periksa ke rs cc, ternyata di rs cc pemeriksaanya tidak lengkap, sama dokter hanya dipakein kacamata kir, hasilnya kanan 0.25, kiri 0.5. Tanpa pemeriksaan detil pada mata seperti tekanan bola mata, lebar pandangan, dll. Sebenernya masih kurang puas sih, tapi ya sudahlah sudah diperiksa 😀

    • aku ingetnya sih diukur bola matanya gitu make penggaris dia
      cuma kurang tahu kalau masih ada prosedur lainnya mungkin karena minusnya dikit makanya ga detail atau karena kita pake bpjs atau karena pasiennya terlalu banyak yg antre 😀

  6. fatimah on said:

    Mbk mo tanya,klo yg krja suami tp sekeluarga dpt bpjs kn,lalu suami sm istri mo minta kacamata dr bpjs barengan apa boleh?

  7. inge on said:

    kalau ke kantor bpjs nya utk legalisir bisa tidak diwakilkan org lain ya? krn saya tdk bs cuti. sekarang saya sudah punya surat rekomendasi resep kacamata dari dokter RS

  8. akhmad fauzi on said:

    mba faskesnya harus yang udah tercantum di kartu BPJS ya ..klo mau dapat rujukan

  9. LIHAT DIMANA YA MBA DAFTAR OPTIK YG KERJASAMA DG BPJS?/TQ

    • saya kurang tahu mbak yang saya tahu optik pranoto kalau mba lewat optik terdekat yang menerima BPJS pasti ada tulisannya kok di depan tokonya atau coba langsung di tanyakan ke optik langganan

    • pada saat legalisir resep kacamata di kantor bpjs nanti dikasih list daftar optik nya ko tenang aja 🙂

  10. berapa lama mbk kacamatanya jadi ?

Leave a Reply

