aderida area

Proud To Be You Are

Ketika ke 2 impian terjawab di waktu yang sama

Bulan Juni ini aslinya akan menjadi bulan yang menyenangkan

seperti yang akan saya bayangkan dan rencanakan

oke saatnya fashback saya akan bercerita di bulan Mei biar jelas

Bulan Mei saya sedang sibuk2nya daftar kuliah di ISI Yogyakarta dengan jurusan D3 Batik Fashion

segala tenaga,uang dan waktu saya kerahkan demi impian saya untuk kembali mengenyam bangku perkuliahan

daftar nya sih gratis emang gratis cuma isi persyaratannya itu yang lumayan ribet

surat pernyataan dokter bebas NAPZA itu yang termahal dari syarat2 lain

saya mondar mandir waktu seharian di RS Sardjito hanya untuk itu habisnya pun ga sedikit sekitar 300ribuan (kalau ga salah ingat pokoknya cukup nominal yang banyak untuk saya)

hingga akhirnya persyaratan done tinggal nunggu ujian praktek dan wawancara

memang penerimaan mahasiswa di ISI itu tidak memakai model SMPTN seperti kampus2 negeri lainnya

Persiapan saya untuk ujian juga cukup saya membaca beberapa buku fashion batik di perpustakaan kota yogyakarta (dari saya yang sudah 3 tahun tidak pernah ke perpustakaan)

membaca koran KR tiap hari minggu di rubrik gaya hidupnya karena selalu menampilkan rancangan busana ternama jogja atau setidaknya foto fashion show yang cukup menginspirasi saya

dan yang tak kalah penting saya berkutat di pensil penghapus, tangan saya sudah kaku saya sudah lama tidak menggambar ini tak mudah saya harus mengulang semuanya dari NOL besar

 

DSC_8134

akhirnya di hari saat Test tiba

saya datang terlambat 1 jam T_T

udah begitu test gambarnya rupanya cuma test motif batik abstrak dalam bentuk bidang lingkaran

Dan??? deng2 rupanya pensil rotring andalan saya ketinggalan dan saya lupa bawa penggaris

dalam keadaan tetap tenang aku membuat lingkaran dengan panjang diameter yang hanya kira2 (karena saya terbiasa ngitung panjang jadi masalah mengira2 tidak ada masalah)

bikin perseginya pun aku cuma pakai kotak pensil warna fabercastell yang aku bawa untuk bikin garis

ukurannya pun mengira2 juga

karena saya telat 1 jam dan tidak di beri kompensasi waktu masih tersisa waktu 1 jaman untuk menggambar

walau mepet saya berusaha menyelesaikan tugas gambar tersebut bahkan masih sempat aku warna

semuanya ga aku konsep batik yang aku gambar intinya kudu motif abstrak tumbuhan dan hewan

aku gambar naga,bunga random model tribal dengan daunnya dan motif batik kawung kontemporer

dengan pewarnaan seadanya karena pensil warnanya juga hasil pinjaman saudara bukan beli

Test wawancara pun tiba

aku langsung masuk begitu di panggil berdasar jurusan aku yang ke 2

di ruangan ada salahΒ  1 dosen yang menanyai soal backgroudku

yang di tanya juga kemarin 3 tahun ga sekolah ngapain

yang bayar kuliah entar siapa

si pewawancara terlihat pesimis dengan pillihan saya masuk ISI fashion batik apalagi aku sekarang bekerja gimana mau bisa? aku aja ga kursus batik dan ga punya basic batik padahal teman2 lain katanya sudah punya basic mbatik karena berasal dari wilayah

dan backgroundku sebagai lulusan teknik kok bisa2nya mau mbatik

dia juga menanyakan pendapat keluargaku yang aku jawab kakakku sendiri aja terlihat tidak yakin

begitu di persilahkan meninggalkan ruangan badanku lunglai

perdiksiku aku ga akan keterima wis kalau sudah begini kelihatan kok

hingga akhirnya waktu berlalu

dan rupanya aku di tlp aku menang undian ke brazil

akhirnya konsentrasiku kini tinggal masalah pengurusan ke brazil

 

waktu berlalu lagi~

ISI

di hari pengumuman ISI rupanya aku keterima

senang dalam waktu sebentar

setelah itu ada kegalauan

sebenarnya aku malah sudah mempersiapkan banyak plan kalau ga keterima kuliah

mau ke dreamfield di bali bulan agustus sama mau kursus bahasa prancis

rupanya kalau aku keterima rencana itu buyar

back to topic soal ISI

jadi daftar ulang nya itu saat bertepatan aku masih di brazil

soal uang UKT aku ga masalah karena uang itu bisa di usahakan cuma masalah moment yang ga bisa di atur lagi 😦

padahal udah fix mau ke brazil besok sabtu eh minggu depannya malah registrasi ulang daftar kuliah

akhirnya aku putuskan untuk pergi ke kampus keesokan harinya berharap ada kompensasi waktu supaya saya tidak di anggap gugur/mengundurkan diri

segalanya aku persiapkan untuk registrasi ulang pagi2 mulai dari FC SKHUN print foto lagi dan datang ke sekolah untuk legalisir

begitu sampai kampus bergegas aku ke rektorat ke bagian penerimaan mahasiswa baru

saat bertemu dengan panitianya yang rupanya mukanya aku masih familiar dengan masnya

aku menanyakan sambil tersengal2…..rasanya dadaku mau meletus deg2an campur aduk karena pikiran dan perasaan melayang2 ga karuan

dan jawabannya adalah

tidak bisa di negoisasi lagi pokoknya kudu daftar di tanggal itu kalau ga bisa yowis di anggap mengundurkan diri

dengan keadaan lunglai lagi aku tinggalkan ruangan

mataku mulai berkaca2,,perutku mual dan rasanya ada kupu2 di dalam mata perut kerongkongan dan mulutku

orang2 melihatku sambil bingung dengan mataku yang berkaca2

sampai parkiran aku lihat simbah2 yang tua…bongkok membawa nampah isi pisang

beliau menawarkan pisau ambon untuk di jual perbijinya 2 rebu

karena aku ga tega aku beli 1 sisir/1 lirang senilai 25 rebu setelah tawar menawar dengan simbah2 itu pertamanya dia minta 30 rebu

kita bercakap dengan bahasa jawa yang untungnya kini aku bisa ngomong bahasa jawa halus sedikit2

walau kondisiku saat itu galau tapi aku mencoba untuk tidak menangis tegar dan tetap peduli dengan simbah2 tersebut

saat berkendara mataku masih berkaca2 tapi air mata tidak menetes

rasanya berat banget kudu memilih dan memutuskan mengundurkan diri kuliah

DSC_8521

kesimpulannya aku ke brazil pengorbanannya cukup mahal harus merelakan kesempatan saya untuk kuliah

ya sudah lah…..saya tak akan menyerah

kuliah bisa daftar lagi di gelombang ke 2 UKT lebih mahal biarin toh ntar habis dari brazil ntar aku bisa bawa sisa uang saku yang di kasih sama JAPFA

tapi kalau ke brazil ga ada kesempatan ke dua

semoga ini adalah pilihan yang terbaik

“Life is simple you make choices and don’t look back.”

tahukan quote itu dari siapa….

Single Post Navigation

7 thoughts on “Ketika ke 2 impian terjawab di waktu yang sama

  1. Pingback: Pengalaman Mendaftar Di Institut Seni Indonesia Yogyakarta (ISI) | aderida area

  2. Hai kak Aderida!
    aku juga berpikir untuk masuk ke ISI jogja ambil Batik dan Fashion πŸ™‚ cerita kakak sangat luar biasa!! insyaallah saya jadikan ini sebagai referensi buat mendaftar besok πŸ™‚
    Terima kasih kak!

    • semangat yaa aku udah lihat karyamu bagus2 kok pasti keterima cuma soal batik kamu harus mulai belajar dari sekarang karena konsentrasi awal saat kuliah besok awal2nya itu batik bukan fashionnya dulu πŸ™‚

      • Sip!! Jadi malu saya hehe, siap siap kak, tapi saya rencananya pakai jalur bidik misi kak, boleh saya tanya tanya tentang jurusan itu kak? mungkin FB atau Email? terima kasih πŸ™‚

  3. hai kak
    di jurusan batik fashion tes nya praktek dan wawancara atau harus mengikutu tes tulis?

    • praktek dan wawancara ujian tulis yang mau di ujiankan apa dong hehehe seni itu kalau mau di ujian tulisnya malah mbingungin apalagi ga ada teorinya yang diajarkan diawal

Leave a Reply

